Mendapatkan Ide Bisnis 01

Buka Mata Anda
Saat
Anda bepergian, gunakan waktu luang atau waktu diperjalanan untuk menemukan ide bisnis. Sering kali suatu produk atau jasa di suatu daerah tidak terdapat di daerah lain. Jika Anda menemukannya Anda bisa menjadi agen tunggal di kota Anda. Atau jika Anda bisa menciptakan produk atau jasa sejenis itu juga silahkan selama tidak melanggar hak paten atau hak cipta seseorang. Sebelum itu dilakukan semua, pastikan bahwa produk atau jasa tersebut sukses di daerah asalnya.

Lihat Perubahan di Sekitar Anda
Setiap perubahan mengandung peluang. Perubahan apapun, mulai dari perubahan harga, perubahan teknologi, perubahan peraturan, dan sebagainya. Sebagai contoh saat harga BMM naik, ada peluang baru di sana, yaitu menyediakan sumber energi non minyak. Contohnya ialah seperti yang saya kemarin tonton di sebuah TV, bahwa ada mahasiswa yang berhasil menjadikan minyak kelapa bekas sebagai ganti solar. Di Amerika, mobil listrik sudah mulai dipasarkan. Kenaikan harga listrik, memberi ide ke salah seorang pengusaha untuk membuat alat penghemat listrik dan sebagainya.

Perbaiki Sesuatu
Sekali lagi lihat sekeliling Anda, adakah produk atau jasa yang bisa Anda perbaiki? Anggaplah ada sebuah salon di dekat rumah Anda. Tetapi sering kali seorang Muslimah batal nyalon karena tidak mau auratnya terbuka. Ini masalah yang bisa Anda perbaiki, Anda bisa membuka salon khusus muslimah, dimana setiap muslimah yang nyalon terjamin akan tertutupnya aurat. Cobalah lihat bengkel, rental, rumah makan, tukang bakso, dan sebagainya, adakah yang bisa Anda perbaiki?

Satu Tanggapan to “Mendapatkan Ide Bisnis 01”

  1. Darmawan Says:

    Mohon bantuannya temen2 & para ahli, saya ga mengerti mengenai persoalan hukum/ hak cipta/hak paten. Sebelumnya mohon maaf bila ada kata2 yang kurang pas/kurang berkenan. Semoga pertanyaan/tulisan saya dapat mewakili keraguan masyarakat tentang hukum di Indonesia.
    1. Apakah sebuah konsep/ide/gagasan/proses yang memiliki nilai ekonomis yang belum pernah digunakan oleh umum bisa didaftarkan untuk memperoleh hak cipta / hak paten?? Selama ini setau saya,yg bisa memiliki hak paten/hak cipta hanya sebuah ciptaan berupa lagu/barang/merk/sofware saja.
    Studi kasus deh ya, Soalnya kadang2 kita temui dilingkungan kita, ada TEMEN KITA punya ide bisnis yang TOP berhubungan dengan teknologi selular & belum pernah ada selama ini dan diasumsikan bakal meledak bisnisnya, trus ada org laen denger/nguping/ diem2 mempelajari ato dkasih proposal kerjasama org tsb ga mau ato dll gitu deh. Nah trus ujug2(baca aja dah = tiba-tiba) org tadi pake ide TEMEN KITA itu buat bisnisnya dan TEMEN KITA itu dah capek2 mikir, wkt tenaga dan biaya buat ide itu ga dapet apa2 dah. Padahal si temen kita tadi udah mati2an dan berdarah2 lho buat ide bisnis tadi, utang kanan kiri lah dll dah buat biayain idenya tadi. Nah kita pernah juga kan punya kejadian seperti itu. Menurut temen2 dan ahli hukum gimana tu soal Hak Cipta/paten ide/konsep/gagasan buat TEMEN KITA tadi bisa ga ya??
    Mohon dan tolong juga dijelaskan juga
    2. Bagaimana perlindungan penuh secara hukum bagi pemegang Hak cipta/hak paten tersebut?? karena pandangan yang berkembang dimasyarakat sampai saat ini (maaf saya kutip pendapat dari banyak masyarakat) adalah “Percuma aja didaftarin Hak paten/hak cipta, itu kalo ada yang niru kalahnya ama uang”. ketidakpercayaan masyarakat terhadap perlindungan hukum itulah yang berkembang di masyarakat.
    3. Dan bagaimana pula Departemen Hukum dan Hak asasi manusia memberikan perlindungan kepada masyarakat yang telah membayar hak perlindungan hak cipta maupun hak paten tersebut??
    4. Bila ada suatu kasus pelanggaran hak cipta/hak paten, bagaimana bantuan dari Dirjen HAKI terhadap pemegang Hak tsb?? Banyak banget lhooh masyarakat yang merasa takut & ngeri bila berurusan dengan hukum karena dasar faktor biaya untuk proses hukum tersebut. Jujur aja semua deh masyarakat yang punya hak paten ataupun hak cipta belom tentu ngerti dan punya biaya buat proses2 hukum lhooo. “Mikir biaya pengacara, mikir biaya pengadilan, moso mau jual rumah buat biaya itu sih??” kata TEMEN KITA.
    5. Apakah ada bantuan secara proses hukum dari Dirjen HAKI / lembaga yg bersangkutan mengenai Hak Cipta/Hak paten ini??? Ibararat beli mobil baru dari dealer ga ada garansinya konsumen puyeng2 dah neh.
    Mohon jawaban dan saran, karena banyak kalangan yang masih berpandangan seperti saya juga banyak mengalami masalah seperti TEMEN KITA tadi. Semoga jawaban tersebut dapat merubah pandangan masyarakat luas terhadap Perlindungan Hukum Hak Cipta maupun Hak Paten. Terimakasih banget lhohhh.
    Moga moga bermanfaat buat semua masyarakat. AMIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

    NB; Mohon saran dan Jawaban bisa dikirim juga ke email drmawan_gama_tekto@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: