Mendapatkan Ide Bisnis


Cari Ide Sesuai dengan Bidang atau Keahlian Anda.
Apa pun bidang atau keahlian Anda, ada peluang bisnis di sana. Contoh sederhananya ialah seorang akuntan yang bekerja sebagai akuntan disebuah perusahaan beralih profesi menjadi penyedia jasa akutansi bagi pengusaha kecil. Apa bidang Anda atau apa keahlian Anda yang bisa diubah menjadi ide bisnis?

Buka Mata Anda
Saat Anda bepergian, gunakan waktu luang atau waktu diperjalanan untuk menemukan ide bisnis. Sering kali suatu produk atau jasa di suatu daerah tidak terdapat di daerah lain. Jika Anda menemukannya Anda bisa menjadi agen tunggal di kota Anda. Atau jika Anda bisa menciptakan produk atau jasa sejenis itu juga silahkan selama tidak melanggar hak paten atau hak cipta seseorang. Sebelum itu dilakukan semua, pastikan bahwa produk atau jasa tersebut sukses di daerah asalnya.

Lihat Perubahan di Sekitar Anda
Setiap perubahan mengandung peluang. Perubahan apapun, mulai dari perubahan harga, perubahan teknologi, perubahan peraturan, dan sebagainya. Sebagai contoh saat harga BMM naik, ada peluang baru di sana, yaitu menyediakan sumber energi non minyak. Contohnya ialah seperti yang saya kemarin tonton di sebuah TV, bahwa ada mahasiswa yang berhasil menjadikan minyak kelapa bekas sebagai ganti solar. Di Amerika, mobil listrik sudah mulai dipasarkan. Kenaikan harga listrik, memberi ide ke salah seorang pengusaha untuk membuat alat penghemat listrik dan sebagainya.

Perbaiki Sesuatu
Sekali lagi lihat sekeliling Anda, adakah produk atau jasa yang bisa Anda perbaiki? Anggaplah ada sebuah salon di dekat rumah Anda. Tetapi sering kali seorang Muslimah batal nyalon karena tidak mau auratnya terbuka. Ini masalah yang bisa Anda perbaiki, Anda bisa membuka salon khusus muslimah, dimana setiap muslimah yang nyalon terjamin akan tertutupnya aurat. Cobalah lihat bengkel, rental, rumah makan, tukang bakso, dan sebagainya, adakah yang bisa Anda perbaiki?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: